Olahraga Yang Benar Menggunakan Aturan FITT untuk Meningkatkan Kebugaran

Olahraga Yang Benar Menggunakan Aturan FITT untuk Meningkatkan Kebugaran. Aturan Olahraga Menggunakan FITT. Singkatan FITT terdiri dari Frekuensi, Intensitas, Tipe dan Time. 

Frekuensi
Frekuensi diartikan sebagai jumlah pengulangan latihan dalam jangka waktu tertentu contohnya seperti 3 sampai 5 kali dalam satu minggu, dalam program latihan bisa lebih dari 5 kali dalam seminggu bahkan bisa mencapai 10 kali dengan hitungan satu hari bisa menjadi 2 kali sesi latihan yaitu pagi dan sore. Latihan yang intens atau sering biasanya dilakukan menjelang waktu pertandingan bagi atlet yang akan menghadapi kejuaraan. Akan tetapi bagi yang non atlet bisa menggunakan aturan ini 3 kali dalam satu minggu dengan tujuan hanya untuk meningkatkan kebugaran dan menjaga kebugaran tersebut.
Olahraga Yang Benar Menggunakan Aturan FITT untuk Meningkatkan Kebugaran
Intensitas
Intensitas adalah dosis latihan yang diberikan dengan ukuran berat ringannya suatu aktifitas yang dapat diketahui takarannya dari tingkat kelelahan yang muncul, apakah cepat lelah atau tidak. Intensitas diambil dari persentase denyut nadi maksimum kita tergantung dari tujuan kita melakukan latihan dan olahraga.

Denyut nadi maksimum bisa kita ketahui dengan rumus 220-usia, sedangkan intensitas minimum yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan manfaat dari latihan dan olahraga yang sering kita lakukan adala 60 - 85% dari denyut nadi maksimal. Pada intensitas tersebut biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat dan akan memaksa sistem respirasi untuk melakukan napas dalam, tetapi tidak akan timbul sesak napas atau timbul keluhan lainnya seperti nyeri dada dan pusing.

Tipe (macam latihan)
Tipe latihan atau olahraga yang dilakukan menentukan terhadap peningkatan kualitas kebugaran kita. Banyak sebetulnya tipe latihan yang bisa kita lakukan sekaligus meningkatkan kebugaran kita. Pemilihan tipe latihan ditentukan oleh keinginan pelaku olahraga, keadaan kebugaran dan tersedianya fasilitas yang memadai untuk melakukan tipe latihan atau olahraga tersebut, dari segi sistem energinya bisa mengambil bentuk latihan aerobik atau anaerobik.

Time (Waktu Latihan Atau Olahraga)
Latihan atau olahraga yang dilakukan harus memiliki durasi waktu yang jelas, supaya tubuh kita mendapatkan peningkatan dari segi kebugarannya. Waktu melakukan latihan atau olahraga tergantung dari tujuan melakukan olahraga tersebut, tapi yang umum biasanya dilakukan selama 15-60 menit latihan atau olahraga aerobik seperti senam aerobik, bersepeda jarak jauh, jalan sehat, jogging dengan waktu tempuh yang lama, olahraga permainan (sepak bola, bola basket, voli, dsb). Sebelum melakukan olahraga aerobik tersebut didahului oleh pemanasan dengan durasi waktu 3-5 menit, diakhiri dengan pendinginan selama 3-5 menit.

Sumber artikel : Dunia Olahraga
Olahraga Yang Benar Menggunakan Aturan FITT untuk Meningkatkan Kebugaran Olahraga Yang Benar Menggunakan Aturan FITT untuk Meningkatkan Kebugaran Reviewed by kang ikal on November 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.