Program Kebugaran Jasmani Molis (Move-Lift-Stretch)

Program Kebugaran Jasmani Molis (Move-Lift-Stretch). Banyak pilihan untuk jenis program kebugaran jasmani misalnya berbentuk permainan seperti tennis, bulu tangkis, Bola Voli, Bola Basket, dll. Bisa pula berbentuk senam dengan berbagai jenis, atau mungkin hanya lari atau jalan bersama. Apapun bentuk programnya, pada dasarnya memerlukan tiga gerak dasar yang sering disingkat dengan MOLIS (Move-Lift-Stretch).
Program Kebugaran Jasmani Molis (Move-Lift-Stretch)
1. Move adalah gerak kontinyu-ritmis, menggunakan otot-otot besar tubuh baik anggota gerak atas maupun bawah, dasar gerak antara lain meliputi jalan, lari, lompat, loncat dan lain sebagainya. Tipe gerak ini bertujuan untuk meningkatkan dayatahan jantung-paru dan memperbaiki komposisi tubuh dalam arti mengurangi lemak tubuh. Bahan bakar utama dari gerak ini adalah lemak.
2. Lift adalah gerak melawan beban, baik beban berat badan sendiri maupun beban luar seperti misalnya dumble, atau partner. Tipe gerak ini bertujuan untuk melatih otot baik kekuatan, dayatahan, pembentukan, maupun pengencangannya.
3. Stretch adalah gerak meregang sendi dan mengulur otot, dapat dikerjakan secara statis maupun dinamis. Tipe gerak ini bertujuan untuk melatih kelentukan sendi dan kelenturan otot, sehingga dihasilkan mobilitas gerak yang tinggi. Dengan dasar gerak tersebut semua komponen kebugaran akan terlatih, sehingga status kebugaran akan meningkat.

Sumber artikel utama: Dunia Olahraga
Program Kebugaran Jasmani Molis (Move-Lift-Stretch) Program Kebugaran Jasmani Molis (Move-Lift-Stretch) Reviewed by kang ikal on November 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.