Cara Mengukur Kebugaran Jasmani dengan Tes Fisik

Cara Mengukur Kebugaran Jasmani dengan Tes fisik. Mengukur kebugaran diperlukan bagi para pelaku olahraga. Cara mengukur kebugaran jasmani harus menggunakan alat tes yang sudah diungkap oleh ahli dalam bidang olahraga. Alat tes tersebut berupa tes fisik dengan menggunakan prosedur pelaksanaan yang sudah tertera di beberapa buku tes pengukuran olahraga.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengukur kebugaran jasmani, kita diharuskan memahami pengertian dari kebugaran itu sendiri dan komponen kondisi fisik yang termasuk kedalam kebugaran.

Komponen Kondisi Fisik Kebugaran
Komponen kondisi fisik kebugaran bisa ditingkatkan dengan latihan. Komponen kondisi fisik tersebut bisa diukur dengan melakukan serangkaian tes mengukur kebugaran jasmani. Komponen kondisi fisik kebugaran tersebut adalah Daya tahan, kelentukan, kekuatan, kecepatan, daya ledak otot, kelincahan, kecepatan reaksi, keseimbangan, akurasi, stamina dan koordinasi.

Tes Fisik Mengukur Kebugaran Jasmani
Cara mengukur kebugaran jasmani pada usia sekolah atau pada kelompok usia 6-19 tahun, pernah disusun oleh depdiknas dengan tes fisik yang sudah populer yaitu TKJI (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia).

Selain tes fisik menggunakan TKJI ada juga instrumen tes fisik lainnya yang sudah lumrah digunakan oleh para pelaku olahraga.  Tes kebugaran yang biasa dipakai tersebut diantaranya adalah : Cooper Tes 12 Menit, Cooper Tes 2,4 Km, Tes Balke, Harvard Step Test, Bleep Test (Lari Multi Tahap).

Cara Mengukur Kebugaran Jasmani dengan Tes Fisik Cara Mengukur Kebugaran Jasmani dengan Tes Fisik Reviewed by kang ikal on November 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.