3 Mitos Dalam Menurunkan Berat Badan Secara Singkat yang Sudah Beredar di Masyarakat

Salam pembaca sekalian. Banyak dari kita yang memiliki kelebihan berat badan ingin menurunkan berat badannya dengan cara singkat. Namun beberapa cara yang beredar di kalangan kita berdasar pada beberapa asumsi yang memang tidak bisa dikatakan ilmiah. Oleh karena itu penulis, mencoba mengungkap 3 hal atau asumsi yang tidak benar dalam menurunkan berat badan yang bersumber dari buku berjudul dasar-dasar ilmiah kepelatihan karangan Pate Rotella McClenaghan.

Pada masa kini, sebagian masyarakat dipengaruhi oleh beberapa anggapan yang kurang tepat mengenai metode untuk menghilangkan berat badan. Beberapa mitos atau anggapan tersebut bahkan sudah masuk ke beberapa club-club kebugaran yang menyediakan jasa program penurunan berat badan.
3 Mitos Dalam Menurunkan Berat Badan Secara Singkat yang Sudah Beredar di Masyarakat
Pelatih seharusnya mengambil langkah untuk memastikan bahwa olahragawan tahu cara yang benar tentang menggunakan susunan tubuh. Di bawah ini ada 3 mitos yang memang sudah menyebar dikalangan masyarakat.

1. Lemak tubuh dapat dihilangkan melalui kegiatan yang menyebabkan banyak keringat.
Berkeringat menyebabkan pengurangan air dari tubuh dan oleh sebab itu hanya mengurangi berat badan sementara karena cairan tubuh kita yang dikeluarkan akibat dari tubuh yang kepanasan. Berkeringat sendiri tidak mengurangi berat lemak dan tidak mengurangi berat badan secara permanen. Hilangnya air melalui keringat secara cepat akan terpulihkan secara cepat hanya dengan meminum air putih. Oleh karena itu olahragawan seharusnya tidak berusaha mengubah susunan tubuh dengan cara seperti mandi sauna, atau memakai pakaian berbahan karet/plastik selama latihan. 

Melakukan latihan dengan pakaian berbahan karet atau plastik sangat berbahaya karena sangat membatasi hilangnya panas dari dalam tubuh melalui penguapan dan membuat olahragawan menderita sakit karena kepanasan serta akan mempercepat terjadinya dehidrasi.

2. Lemak tubuh dapat dihilangkan secara cepat dan tetap dengan cara membatasi masukan kalori secara ekstrim.
Pada saat ini, banyak cara "pengaturan makanan (diet)" jangka pendek telah menipu masyarakat. Kebanyakan cara tersebut didasarkan pada pendapat bahwa berat lemak dapat dihilangkan secara tetap dengan mengurangi sebanyak-banyaknya masukan kalori untuk jangka waktu yang singkat dan kemudian kembali pada pola pengaturan makanan normal setelah hilangnya lemak yang diharapkan dapat dicapai.

Secara teoritis teknik ini dapat berhasil, tetapi dalam latihan yang sebenarnya jarang berhasil menghilangkan berat secara tetap. Diet jangka pendek tidak dapat dilakukan dalam waktu yang lama. Peserta diet jangka pendek tersebut biasanya kembali pada kebiasaan yang sama yang menyebabkan lemak terbentuk seperti sebelumnya dan oleh sebab itu lemak cenderung kembali seperti semula. 

Jadi catatan, diet jangka pendek secara gizi merupakan hal yang keliru dan mengakibatkan hilangnya berat murni (tanpa lemak). Pada hari-hari pertama melakukan diet jangka pendek mungkin mengalami kehilangan berat badan yang sangat drastis. Kehilangan berat yang terlalu dini sebagian besar bukanlah lemak. Hal ini hanya menunjukkan penurunan glikogen otot dan glikogen hati serta pengurangan kadar air yang tersimpan bersama glikogen.

Dengan habisnya glikogen otot, olahragawan mungkin akan menjadi lamban ketika berlatih. Akibatnya untuk beberapa alasan, diet jangka pendek tidak dianjurkan bagi olahragawan.

3. Lemak dapat dihilangkan hanya pada area tubuh tertentu dengan melatih otot pada area tersebut.
Latihan memang dapat mengakibatkan hilangnya lemak tubuh. Tetapi, lemak yang dimetabolismekan dalam mengimbangi keluaran kalori yang meningkat cenderung diambil dari semua jaringan adipose di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, tidak ada manfaat dalam melatih hanya susunan otot dari suatu bagian tertentu dari tubuh kita. Sudah barang tentu, pemakaian krim yang dioleskan pada bagian tubuh untuk menurunkan lemak, alat getaran dan pijatan adalah cara yang tidak berguna apabila dilakukan dengan tujuan menghilangkan lemak tubuh.

Nah itulah 3 hal yang tidak benar dalam usaha untuk menurunkan berat badan kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua, dan jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di web ini. Terima kasih.

Sumber Artikel: Dunia Olahraga
3 Mitos Dalam Menurunkan Berat Badan Secara Singkat yang Sudah Beredar di Masyarakat 3 Mitos Dalam Menurunkan Berat Badan Secara Singkat yang Sudah Beredar di Masyarakat Reviewed by kang ikal on December 01, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.