10 Jenis Makanan Mengandung Kalium Penambah Energi pada Saat Olahraga Selain Pisang

Salam pembaca sekalian, postingan kali ini akan membahas beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan kaliumnya dan sangat membantu pada saat kita berolahraga dalam melakukan konstraksi otot. Daripada mengkonsumsi yang dikatakan minuman energi, jenis makanan yang banyak mengandung kalium seperti pisang jauh lebih baik karena sebagai pemasok energi yang alami dalam dunia olahraga.

Buah pisang sebanyak 1 buah berukuran sedang memiliki kandungan sebesar 442 miligram kalium, yang dapat menghasilkan tenaga eksta bagi tubuh kita. Fakta itulah yang membuat pisang dikenal sebagai sumber kalium. Selain dari pisang, ada jenis makanan lainnya yang banyak mengandung kalium diantaranya adalah yang akan dijelaskan berikut ini
Makanan yang Banyak Mengandung Kalium Sebagai Penambah Energi pada Saat Olahraga
1. Kentang
Kentang dengan ukuran sedang memiliki kandungan kalium sebesar 542 miligram dan mendorong antioksidan betakaroten.

2. Kacang
Beberapa jenis kacang kaya serat dan protein. Dengan takaran satu cangkir kacang putih memiliki kandungan kalium sebesar 1.189 miligram. Satu cangkir kacang kapri memiliki 707 miligram kalium sedangkan satu cangkir kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 miligram.

3. Kurma
Dalam sebutir kurma mengandung kalium sebesar 167 miligram. Kurma adalah buah yang berasal dari arab saudi dan memiliki ciri khas yang kering kaya serat dan mampu mengalahkan kadar kalium yang ada dalam pisang jika dikonsumsi lebih dari 3 buah saja.

4. Yoghurt
Pada yoghurt rendah lemak sebanyak 226 gram memiliki kandungan kalium sebesar 531 miligram. Tapi sebaiknya mengkonsumsi yoghurt jangan dicampurkan dengan mengkonsumsi buah di dalamnya. Jika tetap ingin mencampurnya maka hindari buah-buahan yang kadar gulanya tinggi.

5. Avokad
Satu buah avokad memiliki kandungan kalium sebanyak dua kali lipat dari kandungan kalium yang ada dalam buah pisang yaitu 975 miligram.

6. Saus Tomat
Dalam secangkir saus tomat berisi 800 miligram kalium, akan tetapi perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa saus tersebut tanpa tambahan kandungan sodium dan gula.

7. Ikan
Setiap 85 gram ikan laut memiliki kandungan kalium sebesar 449 miligram. Makanan laut yang mengandung kalium tersebut diantaranya adalah salmon dan kerang.

8. Aprikot Kering
Dalam jumlah seperempat cangkir aprikot kering terdapat kandungan kalium sebanyak 257 miligram.

9. Melon
Buah melon yang segar memiliki kandungan kalium sebesar 358 miligram. Apalagi jika mengkonsumsi satu buah melon memberi input kalium setara dengan mengkonsumsi buah pisang.

10. Pepaya
Dalam sebuah potongan pepaya yang memiliki besar sekitar 2.5 cm, terdapat kandungan kalium sebesar 264 miligram.

Dari ke sepuluh jenis makanan yang telah dijelaskan plus ditambah dengan pisang, bisa kita variasikan untuk menu makan atlet atau olahragawan ketika persiapan untuk bertanding di arena. Karena sejatinya yang namanya kalium sangat membantu sekali dalam proses kontraksi otot dan pembentukan energi dalam tubuh kita untuk beraktivitas. Jangan sampai kita salah kaprah dalam menerapkan variasi makanan dan termakan oleh mitos yang beredar di masyarakat pada saat ini.

Nah itulah Jenis makanan yang banyak mengandung kalium, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di dalam website ini. Terima Kasih.

Sumber Artikel: Dunia Olahraga
10 Jenis Makanan Mengandung Kalium Penambah Energi pada Saat Olahraga Selain Pisang 10 Jenis Makanan Mengandung Kalium Penambah Energi pada Saat Olahraga Selain Pisang Reviewed by kang ikal on December 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.